Selasa, 26 Oktober 2010

Demikian sekelumit pembahasan tentang pengertian dan model kajian studi Islam, beranjak dari hal itu, maka disini penulis akan mencoba untuk memaparkan tentang proses atau sejarah perkembangan studi Islam di tiga wilayah, yakni di dunia Islam, dunia Barat, dan di Indonesia.
Pada prinsipnya perkembangan studi Islam tidak dapat dipisahkan dari studi lembaga dan kurikulum pendidikan Islam. Adapun dari sisi kelembagaan, perkembangan studi Islam dimulai dari model sorogan, halaqah, dan kuttab dalam suatu majlis yang kemudian berlanjut menjadi sistem madrasah dan terus berkembang seiring dengan berjalannya jaman. Mengenai hal itu, tanpa panjang kata,pertama-tama penulis akan membahas perkembangan studi Islam di dunia Islam.

A.Perkembangan Studi Islam di Dunia Islam

Yang dimaksudkan dari perkembangan studi Islam di dunia Islam bukanlah konsep pendidikan atau kajian Islam menurut teori Islam, melainkan bagaimana sejarah perkembangan kajian Islam di dunia muslim, yakni di suatu negara yang mana mayoritas penduduknya adalah muslim.
Pada fase pertama, proses kegiatan transformasi keilmuan masih berpusat di masjid-masjid dan rumah para pengajar, selain itu pendidikan juga masih bercirikan hafalan dan bersifat spiritual. Dan hal tersebut terus berlanjut sampai pada abad ke 4 hijriyah, kemudian mulai bermetamorfosis pada abad ke 5 Hijriyah kala periode dinasti ‘Abbasiyah yang disebut-sebut sebagai masa keemasan Islam.
Semenjak itu perkembangan pedidikan melejit pesat, sekolah mulai ditempatkan di gedung-gedung besar, mata kuliah pun menjadi bersifat intelektual, beberapa kota pun menjadi pusat kajian Islam, dan berbagai jenjang pendidikan juga telah tersedia. Dalam sejarah muslim dicatat sejumlah lembaga kajian Islam di sejumlah kota yang sekarang menjadi negara sendiri kemudian diuraikan sebagai sejarah perkembangan studi Islam di dunia muslim.

Ada 4 perguruan tinggi tertua di dunia muslim yakni :
1. Perguruan Tinggi Nizhamiyah Naisyapur (Baghdad, sekitar 445-an Hijriyah)
Di lembaga ini ada 4 unsur pokok antara lain : seorang mudaris (guru besar) yang bertanggungjawab pada lembaga pendidikan, muqri’ (ahli al-Qur’an) yang mengajar di masjid, muhaddis (ahli hadis), dan seorang pustakawan (bait al-maktub).
2. Perguruan Tinggi al-Azhar (Kairo, 362 H/ 972 M).
Panglima Besar Juhari Al-Siqili telah membangun Perguruan Tinggi Al-Azhar dengan kurikulum berdasarkan ajaran Syiah. Sejak didirikan Daulat Al-Ayyubiah (1171-1269 M) menyatakan tunduk kembali pada Daulat Abbasiyah di Baghdad yang kemudian mengalami perombakan dari aliran Syiah ke aliran Sunni. Perguruan Tinggi Al-Azhar pun kini masih mampu hidup dari abad ke-10 M-ke-20 dan tampaknya akan hidup selamanya.
3. Perguruan Tinggi Cordova
Cordova telah menjadi pusat ilmu dan kebudayaan yang gilang gemilang sepanjang Zaman Tengah.
4. Perguruan Tinggi Kairwan (Fez, Maroko 859 M).
Perguruan Tinggi ini dibangun pada tahun 859 M oleh seorang putri saudagar hartawan di kota Fez yang kemudian diserahkan pada pemerintah dan resmi menjadi Perguruan Tinggi dengan perluasan dan berkembang di bawah pengawasan dan pembiayaan negara.

B.Perkembangan Studi Islam di Barat

Mengenai perkembangan studi Islam di Barat terdapat dua fase, pertama adalah fase kejayaan Islam dan kedua adalah fase dimana Barat mulai berjaya, atau disebut juga dengan masa renaisance, yakni masa kebangkitan kembali, kebangkitan seni, sastra, dan pengetahuan mulai abad ke 14 – 17.
Adapun perkembangan studi Islam di Barat pada fase pertama yaitu pada masa kejayaan Islam itu tak lepas dari perkembangan studi islam di dunia Muslim. Ketika itu banyak para ilmuan dan para tokoh Barat ber-hijrah ke sejumlah perguruan tinggi, laboratori, observatorium, danpusat-pusat studi Islam guna memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia muslim kala itu, kemudian berlanjut pada penyalinan manuskrip-manuskrip Islami ke dalam bahasa latin, hingga berujung pada penyerapan kebudayaan muslim oleh orang-orang tersebut.
Sedangkan untuk kontak kedua atau pada masa renaisanse yang juga merupakan fase runtuhnya Islam terdapat dua pilar perkembangan studi Islam di dunia Barat, yang pertama yaitu kedatangan muslim sebagai imigran yang dilatar-belakangi oleh alasan politik dan alasan ekonomi. Pilar kedua adalah Muslim datang sebagai penduduk asli yang terdiri dari tiga kategori, yaitu orang asli yang kemudian masuk Islam (convertion), keturunan dari muslim asli yang sudah lama berada disana, dan Muslim yang kembali menemukan agamanya, yakni dulunya Muslim kemudian murtad lalu masuk Islam lagi.
Untuk lebih jelasnya marilah kita lihat pemetaan di bawah ini.
Kontak Pertama (Masa Jaya Islam)
a.Belajar dari Baghdad & Kairo (Timur) dan Cordova (Barat)
b.Abad 13-14 M penyalinan manuskrip ke dalam bahasa latin hingga renaissance eropa (13 M).
c.Budaya muslim diserap oleh Oxford & Cambridge (Inggris), Sorbonne (Perancis) & Tubingen (Jerman).
Kontak Kedua (Kolonial-Postkolonial)
a.Muslim datang sebagai imigran :
~ Sebab Politik, yaitu adanya kesepakatan kedua Negara, yang satu sebagai penjajah dan yang satunya sebagai bekas jajahan
~ Sebab Ekonomi, yaitu untuk mencukupi tenaga buruh yang dibutuhkan Negara-negara Eropa Barat.
b.Muslim datang sebagai penduduk asli :
~ Native masuk islam, yaitu orang asli yang masuk islam (muslim) (convertion).
~ Keturunan muslim asli
~ Dulunya muslim kini balik jadi muslim, yaitu muslim yang kembali menemukan agama aslinya (rediscovery Islam of original roots).

C.Karakteristik Muslim Eropa (Barat)
~ Kelompok konfessional (muslim tulen), yaitu mereka yang melaksanakan ajaran agama islam dan menjadikannya bukan sekedar amal,tetapi juga cara hidup dan kehidupan social budaya.
~ Kelompok Believers (Islam menginspirasi, tapi tak dianggap kewajiban)
~ Kelompok Liberal (sepakat nilai-nilai Islam, sambil kritis terhadap dogma-dogmanya khususnya dalam kehidupan social dan politik.
~ Kelompok agnosticists (percaya Allah SWT, tapi tak percaya agama sebagai dasar kehidupan social budaya pada umumnya.

D.Studi Islam di Barat
Dikelompokkan menjadi 2 :
1.Berdasar dosen pengajar, yaitu tenaga pengajar yang menganut agama islam dan tenaga pengajar non-muslim atau dengan sebutan orientalis (ahli ketimuran/keislaman).
2.Berdasar Lembaga : ~ Eropa : Inggris, Perancis, Jerman, Belanda dll
~ Amerika : USA & Kanada
~ Australia

E.Karakteristik Orientalis
~ Kelompok Missionaris, yakni para sarjana barat ketika mengkaji al-Qur’an dengan memperlihatkan kelebihan dan kekurangan al-Qur’an.
Dengan para ilmuwan antara lain Johan Bouman,Jacques Jomier,Kenneth Cragg,Basetti-Sani,Claus Schedl.
~ Kelompok Akademisi
Antara lain :
1.Wansbrough (Quranic Studies)
2.John Burton (Collection of the Qur’an
3.Angelika Neuwirtj (studies toward the composition of the meccan suras)
F.Studi islam di Amerika
1.Studi timur Tengah & Timur Dekat
~ University of California Los Angeles (UCLA)
~ New York University
~ Columbia University (New York)
~ Temple University (Philadelphia)
~ Ohio State University
2.Islamic Studies
~ McGill University , Montreal Canada

G.Studi islam di Eropa
1.Inggris
~ School of Oriental and African Studies (SOAS)
~ London University
~ Oxford University
2.Belanda
~ Leiden University (Studi Islam Indonesia)
~ Utrecht University
~ Nighemen University


PENGELOMPOKAN KEILMUAN DALAM ISLAM

Secara filsafat, cara mengetahui suatu pengetahuan ada tiga:
1. Rasionalisme
Seperti yang kita ketahui, bahwa kata rasio mempunyai arti akal. Hal ini menunjukkan untuk mengetahui suatu ilmu membutuhkan akal atau imajinasi. Sesuatu dikatakan benar jika hal tersebut masuk akal.
Contoh:
2 + 2 = 4, kenapa demikian?
Karena hal tersebut masuk akal dan bersifat rasionalis.
Rasionalisme menuju pada ide, sehingga nalar tersebut bersumber dari kitab-kitab atau nash (al-Qur’an dan hadis). Dengan kata lain, corak berpikir ini lebih mengandalkan pada otoritas teks, tidak hanya teks wahyu namun juga hasil pemikiran keagamaan yang ditulis oleh para ulama terdahulu. Dengan demikian hasil pemikiran apa pun tidak boleh bertentangan dengan teks.
Menurut Amin Abdullah, ada kelemahan dalam nalar ini, yaitu ketika ia harus berhadapan dengan teks-teks keagamaan yang dimiliki oleh komunitas, kultur, bangsa atau masyarakat yang beragama lain. Biasanya, corak berpikir ini cenderung mengambil sikap mental yang bersifat dogmatik, defensif, dan apologetis . Hal ini terjadi karena fungsi akal hanya untuk mengukuhkan dan membenarkan otoritas teks. Padahal, dalam realitanya seringkali terjadi ada jurang antara yang terdapat dalam teks dengan pelaksanaannya, sebab tergantung pada kualitas pemikiran, pengalaman dan lingkungan social tempat teks tersebut dipahami dan ditafsirkan. Nalar inilah yang disebut dengan sistem epistimologi BAYANI (epistimologi adalah filsafat atau cara untuk mengetahui kebenaran). Keilmuan yang termasuk dalam nalar bayani adalah fikih, kalam, dan bahasa.

2. Empirisme
Cara empirisme ini berpusat pada sumber indrawi. Semua kejadian itu dianggap benar jika terbukti dalam kenyataannya (di lapangan).
Contoh:
Dokter dianggap bisa jika dia membuktikan atau melihatkan dilapangan bisa mengobati seseorang (paham dengan seluk-beluk penyakit ). Tidak hanya obral omong saja, tapi dalam kenyataan tidak menghasilkan apa-apa.
Empirisme menuju pada materi, sehingga nalar ini disebut nalar BURHANI. Dalam nalar ini, lebih banyak dituntut untuk menunjukkan bukti dan penjelasan tentang suatu pemahaman atau fenomena. Peran akal dalam nalar epistimologi sangat besar sebab ia diarahkan untuk mencari sebab akibat.
Bertolak dari uraian di atas, maka keilmuan yang termasuk dalam nalar burhani adalah falsafah, ilmu-ilmu alam seperti fisika, matematika, biologi, dan kedokteran, ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi, psikologi, dan sejarah.

3. Intuitisme
Intuitisme adalah suatu cara yang mengedepankan naluri atau firasat (kebatinan). Intuitisme ini mengarah pada nalar IRFANI. Dalam nalar irfani dan bayani sama-sama ada analogi, namun keduanya berbeda. Analogi dalam nalar irfani didasarkan atas penyerupaan, tidak terikat oleh aturan, serta dapat menghasilkan jumlah yang tidak terbatas, sementara dalam nalar bayani didasarkan pada penyerupaan langsung. Nalar ini lebih menekankan pada pengalaman langsung, sehingga yang lebih banyak terlibat adalah rasa. Dalam irfani, suatu kebijaksanaan tidak dapat diwariskan, tapi hanya pada diri sendirilah yang dapat mengerjakan kebijaksanaan tersebut. Yang termasuk dalam keilmuan irfani adalah tasawuf dan akhlak.
Contoh:
Dikala akan terjadi gunung meletus, semua binatang turun dari gunung. Ini menunjukkan hewan mempunyai naluri yang kuat terhadap kejadian alam. Kemudian manusia menjadikannya ilmu titen (pengalaman).
Ketiga nalar inilah yang dimaksud pengelompokan keilmuan dalam islam.
1. BAYANI
2. BURHANI
3. IRFANI

3 komentar:

  1. Ahmad Idzom Ubaidillah (10470028)
    Komentar:
    maaf ada sedikit kesalahan.
    Seharusnya ada pembatasan antara:

    " 2.Belanda
    ~ Leiden University (Studi Islam Indonesia)
    ~ Utrecht University
    ~ Nighemen University"

    dan

    "PENGELOMPOKAN KEILMUAN DALAM ISLAM

    Secara filsafat, cara mengetahui suatu pengetahuan ada tiga:
    1. Rasionalisme
    Seperti yang kita ketahui, bahwa kata rasio mempunyai arti akal. Hal ini menunjukkan untuk mengetahui suatu ilmu membutuhkan akal atau imajinasi. Sesuatu dikatakan benar jika hal tersebut masuk akal."

    BalasHapus
  2. Ahmad Idzom Ubaidillah (10470028)
    Komentar:
    Pengetahuan tak ubahnya seperti sebuah nyawa yang harus dimiliki oleh setiap individu manusia.
    Tanpa pengetahuan, maka manusia tidak pantas menyandang gelar sebagai Kholifah Allah fil Ardhi sebagaimana yang telah disebutkan dalam al-Qur'an.

    BalasHapus
  3. pengetahuan sangat penting banget di perlukan,sebagaimana dalam hadits"menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi tiap-tiap orang islam baik laki-laki maupun perempuan",ya... dengan pengetahuan yang kita miliki maka kita akan menjadi seorang manusia yang paling sempurna untuk itu dalam menuntut ilmu kita harus memperhatikan rambu-rambu yang sudah di tetapkan sehingga nantinya kita akn menuju jalan yang "shiddiq".

    BalasHapus