Sabtu, 13 November 2010

PSI

                                            
                                                 MODEL - MODEL PENDIDIKAN KRITIS

Dari beberapa pelajaran yang kami dapat, dalam model pendidikan kritis ini terdapat pengertian yang berbeda - beda dari berbagai tokoh yang diantaranya yaitu ;

 Henry Giroux

Yang mengatakan bahwa dalam pendidikan kritis itu "berfikir magic" dan juga dapat diartikan ada sebagian yang menganut ilmu natural dan menganut ilmu supranatural.

Menurut Henry dalam model pendidikan kritis memiliki tiga kesadaran, yaitu :

      ~ Kesadaran Magic ( menganggap alam sangat dekat )
      ~ Kesadaran Kritis ( penuh kecurigaan / rasa ingin tahu )
      ~ Kesadaran Naif ( secara ilmiah )

 Fazlurrohman

Dari Fazlurrohman memberikan pengertian tersendiri yakni, " Double Movement " yang artinya kembali ke masa lalu dan kembali ke masa sekarang lagi.

Dalam arti lain model pendidikan kritis ini memberikan kritik sejarah guna untuk mengetahui sejarah ilmu islam. dapat dicontohkan seperti pada zaman Rosul terdapat perbudakan, tapi bisa dihapuskan oleh Rosul sendiri.

 Seseorang bisa dikatakan kritis apabila mengetahui fakta - fakta sejarah dari masa lalu dan kembali ke masa kini.

 Fansyur Faqih

Pendapat Fansyur mengenai pendidikan kritis ini lebih mendominasi yang berarti pendidikan islam seharusnya melakukan Liberasi ( kebebasan ) untuk mengkritisi segala sesuatu.

Pendidikan islam juga dapat mengembangkan potensi seseorang ( humanisasi ) untuk bisa mengkritisi dan adanya pemberdayaan pengembangan pada seseorang tersebut ( enpainment ).

 Athiyah Al Abrosy 

Menurut Abrosy, pendidikan kritis bersifat islam Universalism yang berarti mengakui budayanya itu sendiri merupakan kebenaran dan juga menghormati orang lain.

Dari pengertian tersebut terdapat tiga bentuk untuk mengembangkan model pendidikan kritis, yakni ;

     ~ Kesetaraan
     ~ Keadilan
     ~ Demokrasi

Dalam keislaman yang universal ini memiliki berbagai ilmu semu ( ilmu titen ) atau yang disebut pseudo science.

2 komentar:

  1. Ahmad Idzom Ubaidillah (10470028)
    Komentar:
    Menurut saya, pendidikan kritis adalah bukan mengenai tata cara atau metode yang dipakai dalam pendidikan itu sendiri, Melainkan sebuah aplikasi kongkrit dari pendidikan yang telah dilakukan tersebut.

    BalasHapus
  2. dalam sebuah kehidupan itu pastinya akan menjumpai yang namanya masalah,dari masslah dan problem-problem itu hendaknya bisa menjadikan kita untuk lebih berfikir yang kritis dan positif...
    ya memang sangat di akuai sekali jika kita selalu berfikiran yang kritis niscya kita pasti juga kan bisa menjadi seorang yang berwawasan luas,,,
    kritis???
    I like it,.,

    BalasHapus